UI Cetak Rekor MURI Dalam ESQ Training

Senin, 06 September 2010


Perhatian Mahasiswa Baru Universitas Indonesia (MABA UI) 2010 teralihkan sejenak dari Depok ke Kemayoran. Selama dua hari sejak Selasa, (24/08) hingga Rabu (25/08) bertempat di Jakarta International (JI) Expo Kemayoran, mereka diberikan pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) 165 yang diberikan PemimpinESQ Leadership Centre, Ary Ginanjar Agustian dengan tema Feel the Experience and Get a Meaningful Life. Sekitar 8000 MABA UI memadati area JI Expo yang terbagi ke dalam dua ruangan: Hall B dan D. Pelatihan ESQ ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena diikuti oleh peserta terbanyak sekitar 8.140 peserta. Penghargaan MURI ini diterima oleh Rektor UI, Prof. Dr. der. Soz Gumilar Rusliwa Somantri
Dalam sambutannya, Gumilar mengungkapkan pelatihan ESQ dibutuhkan sebagai persiapan untuk menghadapi persaingan di masa yang akan datang. “Mahasiswa baru UI perlu pandangan yang utuh mengenai siapa dirinya,” ujarnya. Melalui pelatihan ESQ ini, ia berharap dapat membentuk karakter mahasiswa baru menjadi pribadi yang dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri. “Selain itu saya juga berharap di waktu mendatang, kalian semua yang hadir di ruangan ini kelak menjadi cendikia yang dapat menjadi pemimpin bangsa,” tutur Gumilar mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Ary Ginanjar Agustian menyatakan pendapat yang senada dengan Gumilar. “Mahasiswa baru 2010 UI merupakan calon pemimpin bangsa, karena UI selalu berada di garda terdepan dan menjadi saksi sejarah dalam tiap perubahan yang dialami Indonesia,” ujarnya bersemangat. Melalui pelatihan ESQ yang dibuatnya 10 tahun yang lalu, Ary menjelaskan bahwa pelatihan semacam ini sebanyak 5000 kali, namun kali ini merupakan peserta terbanyak yang pernah diberikan pelatihan. “Ini bukan saja rekor di Indonesia, tetapi juga rekor Asia,” seru Ary. Di akhir sambutannya ia mengajak mahasiswa baru 2010 UI untuk membangun kecerdasan emosional supaya kecerdasan intelektual yang dimiliki bisa dioptimalkan.

Ini merupakan kali pertama pelatihan ESQ dimasukkan ke dalam kegiatan mahasiswa baru (KAMABA) UI. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Sub. Direktorat Kegiatan Penalaran, K2N dan Pengembangan Soft Skill Mahasiswa, Arman Nefi. Ditemui di ruang kerjanya pada (31/08) di Gedung Pusat Pelayanan Mahasiswa Terpadu (PPMT) lantai satu, Arman mengatakan pelatihan ESQ ini bukan kegiatan baru, karena pernah diadakan sebelumnya pada 2009. “Namun saat itu hanya untuk kalangan terbatas,” ujarnya. Menurutnya materi yang diberikan dalam ESQ memiliki dampak baik untuk pembekalan MABA selama mereka menempuh masa kuliah atau ketika telah menyelesaikan studinya. “MABA akan memiliki panduan atau kompas supaya tahu arah studi mereka ingin menjadi apa dan apa yang akan dilakukan setelah mereka lulus kuliah nanti,” kata Arman. Staf pengajar Fakultas Hukum ini berharap setelah MABA mengikuti kegiatan pelatihan ESQ, mereka tidak hanya pintar dalam penguasaan akademik namun juga cerdas secara emosional. "Sehingga ke depan mereka bisa menjadi pemimpin yang jujur dan amanah,” harapnya.

Pelatihan ESQ merupakan satu pelatihan yang bertujuan untuk mensinergikan antara IQ, EQ dan SQ. Melalui pelatihan ini, peserta akan diajak untuk mendalami hakekat keberadaan dirinya di muka bumi ini. Hadir dalam pelatihan selama dua hari tersebut di Kemayoran, Kepala Sub. Direktorat Kegiatan Penalaran, K2N dan Pengembangan Soft Skill Mahasiswa, Arman Nefi, Direktur Kemahasiswaan, Dr.Kamarudin, Msi, dan Mantan Menteri Perhubungan tahun Azwar Anas, Ketua Dewan pembina ESQ . Menko Perekonomian, Hatta Rajasa pun turut hadir di hari kedua pelatihan tersebut.
Sumber (www.ui.ac.id)

0 komentar:

Posting Komentar